gooretro

era baru dunia digital ada ditangan kita

Jalur politik internasional

Bahwa persoalan-persoalan mengenai Migas mengandung aspek-aspek internasional. Hal-hal penting yang diatur dalam UU No. 44/Prp/1960 tersebut di antaranya adalah: 1. Segala bahan galian Migas yang ada di dalam wilayah hukum pertambangan Indonesia merupakan kekayaan nasional yang dikuasai oleh negara. BAB I Pendahuluan 9 Namun, langkah ini tidak dapat ditindak-lanjuti sebagaimana diharapkan, karena ada resistensi kuat dari ketiga perusahaan tersebut untuk tetap menguasai hak konsesinya sesuai dengan hukum internasional.

Ketiga perusahaan asing tersebut gerobak lipat juga merupakan kelompok (cartel) dari perusahaan-perusahaan minyak internasional (international oil companies, IOC). Dengan kekuatan kartel perdagangan minyak internasional, mereka menekan Indonesia melalui jalur politik internasional sebagai upaya untuk menghindar dari keputusan politik bangsa Indonesia menegakkan dasar usaha pengelolaan sumber daya alam Migas sesuai jiwa Pasal 33 UUD 1945 yang telah diperjuangkan sejak lebih dari 15 tahun setelah Indonesia merdeka.

Setelah melalui negosiasi yang panjang dan alot, akhirnya pada tanggal 1 Juni 1963 di Tokyo tercapai kesepakatan dalam Tokyo Agreement bahwa ketiga perusahan asing tersebut menerima ketetapan bahwa status mereka adalah sebagai Kontraktor dari Perusahaan Negara dalam sistem Contract of Works (Cow) atau Kontrak Kerja (KK). Dengan sistem KK ini berarti sistem konsesi peninggalan Pemerintah Kolonial Belanda sudah berakhir.

Kemerdekaan politik bangsa Indonesia sudah dilengkapi dengan kemerdekaan dalam politik hukum usaha pertambangan Migas. Dalam sistem Kontrak Kerja ini Kontraktor (Asing) memegang manajemen dengan membayar royalti dan pajak. Belum lama sistem KK ini diterapkan, kehidupan politik di Indonesia mengalami goncangan yang hebat dengan adanya pemberontakan G30S/PKI di akhir tahun 1965. Penumpasan pemberontakan ini menandai Indonesia memasuki era baru, yakni

BAB1 Rendohaon 11 Dengan sistem kerja sama ini, kegiatan eksplorasi dan eksploitasi neningkat dengan cepat, baik di cekungan geologi (geological basins) i daratan maupun di lepas pantai (offishore). Kegiatan Hulu Migas ini lidominasi oeh Perusahaan Minyak Internasional (International Oil ompanies, IOC), utamanya adalah Perusahaan-perusahaan Multi asional (Multi National Companies, MNC) atau dikenal juga sebagai Majors, selaku kontraktor Pertamina.

Dalam waktu yang relatif singkat produksi Migas proses pembentukan urin meningkat sangat tajam. Pada awal produksi minyak Indonesia dari lapangan-lapangan tua warisan Belanda sekitar 130.000 barrel sehari, gas bumi belum ada yang dapat diproduksikan secara komersial, dalam jangka waktu 10 tahun pertama telah mampu menemukan cadangan Migas dan memproduksikan minyak lebih dari 1 juta barel sehari, bahkan sejak tahun 1986 mencapai puncak produksinya lebih dari 1,6 juta barrel sehari dan gas bumi sebesar 8 milyar kaki kubik sehari.

Dengan tingkat produksi sebesar ini, Indonesia dapat memenuhi kebutuhan BBM di dalam negeri, dan sebagian besar diekspor untuk memperoleh devisa. Bahkan, sejak tahun 1974 Indonesia menjadi pengekspor gas alam cair LNG (Liquified Natural Gas) terbesar di dunia dan sebagian hasil gas bumi dimanfaatkan di dalam negeri untuk mendukung pembangunan industri dasar baik sebagai bahan baku industri maupun bahan bakar, di antaranya adalah pabrik baja, pabrik petrokimia, pabrik pupuk dan pembangkit listrik tenaga gas (PLTG).

Dengan produksi sebesar itu, Indonesia menjadi negara penghasil Migas terbesar di kawasan Asia Tenggara, dan satu-satunya anggota the Kemerdekaan, Suyitno Patmosukismo, MNC and the Development Process of the Oil and Gas Industry in Indonesia, Makalah disampaikan pada International Seminar on issues of Development Bandung, Agustus 1991 BAB I Pendahuluan 11 Dengan sistem kerja sama ini, kegiatan eksplorasi dan eksploitasi meningkat dengan cepat, baik di cekungan geologi (geological basins) di daratan maupun di lepas pantai (offshore).



  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.


    削除
    Jalur politik internasional
      Komentar(0)