gooretro

era baru dunia digital ada ditangan kita

Perubahan pada Umur Sembilan Tahun

Saya akhirnya melihat sesuatu yang ingin saya tekuni, dan saya tahu saya bisa melakukannya dengan baik. Saya telah menemukan apa yang ingin saya pelajari. Seperti yang sudah saya katakan, sesuatu berubah secara spiritual, dan saya merasa yakin, bersemangat, dan puas dengan diri sendiri. Saya tidak merasa sepuas ini di sekolah atau di rumah ketika melihat ibu saya menangis saat ia memandang tumpukan tagihan yang belum dibayar di atas meja dapur. Perasaan hangat memenuhi hati saya dan kemudian seluruh bagian diri saya. Saya yakin tentang siapa diri saya dan tentang sosok yang ingin saya wujudkan. Saya tahu saya akan menjadi jam digital masjid orang kaya. Saya tahu saya akan menemukan cara untuk membantu ibu dan ayah saya. Saya tidak tahu bagaimana cara saya bisa berhasil, tapi saya tahu saya bisa. Saya tahu saya bisa berhasil dalam bidang yang benar-benar saya inginkan, daripada mencoba meraih keberhasilan yang menurut orang lain harus saya capai. Saya telah menemukan identitas baru saya. 

Baru-baru ini saya berbicara dengan Doug dan Heather, sepasang suami-istri yang menjadi anggota dewan sebuah sekolah Waldorf di Alaska. Mereka adalah teman-tcman yang memperkenalkan saya pada pemikiran Rudolph Steiner. Merekalah yang memberi tahu saya teori dan tulisan Steiner mengenai ”perubahan pada umur sembilan tahun". Ketika saya mendengar apa yang mereka katakan. semakin banyak potongan teka-teki belajar yang terpecahkan. 

Ketika Doug mulai memberi tahu saya apa yang diajarkan sekolahnya kepada anak-anak mereka, dan mengapa jasa seo semarang mereka mengajarkan hal tersebut, banyak hal mulai saya mengerti. Doug menjelaskan bahwa alasan mengapa sekolah mereka menyuruh anak-anak menggunakan palu, gergaji, dan paku untuk membangun pondok berteduh adalah karena mereka ingin anak-anak itu tahu bahwa mereka bisa bertahan hidup di dunia nyata. Ini juga alasan mengapa mereka mengajari anak-anak itu berkebun dan menanam sayur-mayur, memasak, dan memanggang. Ini adalah pendidikan Fisik, mental, emosional, dan spiritual. Pendidikan ini melibatkan keseluruhan diri si anak dalam periode kritis kehidupannya yang disebut Steiner sebagai perubahan pada umur sembilan tahun. Ini adalah periode kehidupan seorang anak ketika ia tidak lagi ingin menjadi bagian identitas orangtuanya dan ingin mencari identitasnya sendiri. Periode ini sering terasa sepi dan menakutkan. Ini adalah periode ketidakpastian. Si anak melangkah ke dalam dunia yang tidak dikenalnya untuk mengetahui siapa dirinya yang sebenarnya, bukan apa yang diinginkan orangtuanya. Belajar secara mental, fisik, emosional, dan spiritual bahwa mereka bisa bertahan hidup sendiri sangat penting bagi persepsi diri anak-anak. 

Saya tahu bahwa banyak pendidik tidak setuju dengan pemikiran Steiner dalam hal perubahan pada umur sembilan tahun, dan saya tidak bermaksud mengubah pendapat mereka. Yang bisa saya paparkan dengan jujur kepada anda adalah pengalaman saya sendiri. Saya tahu bahwa pada umur sembilan tahun saya mulai mencari sesuatu yang lain. Saya tahu bahwa apa yang dilakukan ibu dan ayah saya tidak berhasil, dan saya tidak mau mengikuti contoh yang mereka jam digital masjid berikan. Saya masih ingat rasa takut dalam rumah kami setiap kali masalah uang dibicarakan. Saya masih ingat ibu dan ayah saya bertengkar masalah uang, dan ayah saya mengatakan, ”Aku tidak tertarik pada uang. Aku bekerja sekeras mungkin. Aku tidak tahu harus melakukan apa lagi.” Saya ingin tahu apa lagi yang bisa saya lakukan supaya tidak bernasib seperti orangtua saya, setidaknya secara finansial. 

Saya tahu dalam hati saya, lebih dari segalanya, bahwa saya ingin membantu ibu saya. Hati saya sedih melihatnya menangisi sesuatu sekonyol tumpukan tagihan. Saya tahu bahwa setiap kali saya mendengar ayah saya mengatakan, ”Kamu harus giat belajar supaya bisa mendapatkan pekerjaan yang bagus,” sesuatu dalam diri saya menolak sarannya Saya tahu ada sesuatu yang hilang... dan itu sebabnya saya pergi mencari jawaban baru dan kenyataan saya sendiri. 



  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.


    削除
    Perubahan pada Umur Sembilan Tahun
      Komentar(0)