gooretro

era baru dunia digital ada ditangan kita

Jangan Minta Kenaikan

Pada Juli 2000, Alan Greenspan, presiden Federal Reserve Board, berbicara tentang inflasi. Ia mengatakan bahwa penyebab inflasi tidak setinggi seharusnya, dalam periode tingkat pegangguran yang sangat rendah ini, adalah karena orang lebih menginginkan pekerjaan yang memberi mereka rasa aman daripada meminta kenaikan gaji. 

Ia meneruskan dengan menjelaskan bahwa kebanyakan orang, takut pada derap laju teknologi dan kemungkinan komputer mengambil alih pekerjaan mereka, seperti yang sudah terjadi di banyak industri, lebih suka diam dan bekerja untuk upah yang lebih sedikit. Itulah, katanya, penyebab mengapa orang kaya menjadi semakin kaya tapi sebagian besar jam digital masjid orang tidak ikut merasakan kekayaan baru ini. 

Ia mengatakan penyebabnya adalah karena mereka takut kehilangan pekerjaan mereka. Saya rasa penyebabnya adalah karena banyak orang tidak belajar bahwa mereka dapat bertahan hidup secara finansial dengan upaya mereka sendiri... jadi, mereka mengikuti saran dan langkah orangtua mereka.
Seorang wartawan menjadi sangat marah mendengar pendapat Saya tentang pendidikan dalam sebuah wawancara baru-baru ini. Ia berprestasi baik di sekolah, dan ia mempuyai pekerjaan yang bagus dan menjamin. Dengan marah ia berkata kepada saya, ”Apakah maksud anda orang tidak boleh menjadi pegawai? Apa yang akan terjadi jika tidak ada pekerja? Dunia akan mandek.” 

Saya menyetujui pendapatnya, menarik napas dalam, dan memulai tanggapan saya. ”Saya setuju dunia memerlukan pekerja. Dan menurut saya setiap pekerja melakukan tugas yang berguna. Presiden perusahaan takkan bisa melakukan tugasnya jika petugas kebersihan tidak melakukan tugasnya. Jadi, saya tidak punya sentimen pribadi pada pekerja. Saya juga seorang pekerja.” 

”Jadi, apa salahnya dengan sistem pendidikan yang mengajari orang untuk menjadi pegawai dan tentara?” tanya wartawan itu. ”Dunia memerlukan pekerja.” 

Sekali lagi saya sependapat dan berkata, ”Ya, dunia memerlukan pekerja berpendidikan. Dunia tidak memerlukan budak berpendidikan. Menurut saya sudah tiba waktunya bahwa semua murid, bukan hanya yang pandai dan dibutuhkan oleh perusahaan besar serta profesi militer, diberi pendidikan yang akan membebaskan mereka.” 

Jika menurut saya meminta kenaikan bayaran akan menyelesaikan masalah, saya akan menyuruh semua pegawai saya untuk memintanya. Tapi yang dikatakan Greenspan memang benar. Jika seorang pekerja meminta terlalu banyak uang, tergantung pada jasa yang ia berikan kepada perusahaan, orang yang duduk di sisi lain meja harus mencari pekerja baru. Jika pengeluaran terlalu tinggi, masa depan perusahaan bisa terancam. Sekarang banyak perusahaan bangkrut karena mereka tidak sanggup menanggung biaya tenaga kerja. Pengusaha jam digital masjid mencari peluang bisnis ke lepas pantai karena mereka mencari biaya tenaga kerja yang lebih murah. 

Dan teknologi mulai menggantikan banyak pekerjaan-pekerjaan semacam agen perjalanan, pialang saham, dan masih banyak lagi. Jadi, Alan Greenspan benar ketika mengatakan bahwa orang takut kehilangan pekerjaan jika permintaan upah mereka terlalu tinggi.



  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.


    削除
    Jangan Minta Kenaikan
      Komentar(0)