gooretro

era baru dunia digital ada ditangan kita

Perilaku berbagi membentuk integrasi perekonomian

 Lembaga-lembaga ekonomi tidak berada dalam ruang hampa melainkan berada dalam suatu konteks struktur sosial dan budaya. Maksudnya suatu teori komprehensif tentang lembaga- lembaga ekonomi akan muncul melalui penelitian yang sistematis mengenai unsur-unsur budaya ekonomi yang saling terkait bersama dalam suatu totalitas empiris. Atau dengan kata lain, saling keterkaitan bersama antar unsur-unsur yang beroperasi dalam proses kelembagaan ekonomi. 

Polanyi0 mengungkapkan kajian lembaga-lembaga ekonomi bertitik tolak dari bentuk integrasi perekonomian masyarakat, yaitu reciprocity, redistribution dan exhange. Perilaku timbal balik sebagai bentuk integrasi perekonomian masyarakat terjadi jika terdapat struktur dan organisasi sosial yang setara, seperti dalam sistem kekeluargaan. https://id.wikipedia.org/wiki/Batik

Perilaku berbagi membentuk integrasi perekonomian masyarakat, terjadi bila terdapat alokasi barang pada suatu pusat dengan mekanisme distribusi berlangsung menurut adat. Perilaku tukar-menukar merupakan bentuk inte- grasi perekonomian masyarakat, terjadi jika terdapat mekanisme sistem pasar. Secara tegas Polanyi membedakan bahwa perilaku timbal-balik dan perlaku berbagi sebagai bentuk integrasi perekonomian suatu masyarakat berciri ekonomi subsisten sedangkan perilaku tukar-menukar melalui sistem pasar dapat ditemui pada masyarakat berciri ekonomi komersial. Pasar dipahami sebagai institusi yang superior terhadap institusi sosial lainnya. 

Pasar berjalan atas logika self regulating market melepaskan diri dari ikatan-ikatan sosial budaya. Keberadaan ekonomi komersial menjadi determinan dalam seluruh proses sosial. Perkembangan ekonomi komersial berhubungan pabrik batik solo dengan ekonomi kapitalisme di Eropa. 

Kapitalisme merupakan suatu sistern ekonomi yang berbasis pada dorongan mencari keuntungan, penciptaan kekayaan dan pemupukan modal. Ma Weberl mengurai proses perkembangan ekonomi kapitalisme d Eropa Barat berasal dari kebudayaan immaterii:etika Protestan Weber menegaskan ethos kerja merupakan motor penggerak proses ekonomi kapitalisme. Pemikiran Weber merupakan bentu perubahan ekonomi dan sekaligus mengukuhkan identitas wira swasta sebagai sebagai pelopor dalam perubahan ekonomi kebudayaan merupakan kekuatan yang mendoron Weber memperlihatkan dengan statistik para wiraswas Ivinisme agama Protestan. 

Etika Protestan yang berpegang pada nilai asceticism kerja keras dan hidup tirakat sebagai alat untuk memperoleh keselamatan hidup dan nilai calling Pekerjaan itu panggilan Tuhan dan bekerja keras itu untuk kemuliaan Tuhan. Weber mengidentifikasi tiga pilar ajaran utama dari aliran Calvirn Protestan yaitu, pertama alam semesta diciptakan untuk emuliaan Tuhan dan hanya memiliki arti dalam hubungannya dengan tujuan Tuhan. Kedua, tujuan Tuhan adalah suatu yang berada di luar kemampuan manusia untuk mengertinya. Manusia hanya mengerti sedikit saja dari rahasia Illahi sejauh Tuhan berkenan menangkapnya. 

Ketiga, Tuhan telah menentukan orang- orang pilihannya yang akan dapat menikmati surga. saudagar industri dan bankir pada yang umumnya penganut Tiga pilar ajaran tersebut, para pengikut Calvinisme selalu diganggu pertanyaan "Apakah saya orang dipilih Tuhan? Pertanyaan ini tak mungkin memperoleh jawaban yang pasti, mereka hanya mampu mencari tanda bahwa mereka adalah orang ang terpilih.  Caranya adalah dengan bekerja keras dan hidup tirakat agar memperoleh kesuksesan di dunia. 

Cara hidup seperti ini bukan alat untuk memperoleh keselamatan tetapi sekedar untuk mengurangi keraguan-raguan bahwa mereka pabrik batik solo orang terpilih Ethos kerja seperti kerja keras, hemat, teliti, disiplin dan menabung serta menjauhi kehidupan berfoya-foya menimbulkan kesuksesan kerja, produksi tinggi, keuntungan menumpuk investasi meningkat dan terbentuknya akumulasi modal, Berangkat dari kondisi budaya ekonomi komersial inilah bangkit nya kapitalisme di Eropa. 



  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.


    削除
    Perilaku berbagi membentuk integrasi perekonomian
      Komentar(0)